Sunday, March 31, 2013

Jimmy Choo





Jimmy Choo, lahir dengan nama Choo Yeang Keat, adalah perancang busana berdarah Malaysia - Cina yang berbasis di London, Inggris. Dia dikenal sebagai pendiri Jimmy Choo Ltd yang membuat sepatu wanita handmade berkualitas.
Choo lahir di Penang, Malaysia, dari keluarga pembuat sepatu, keturunan Chinese Hakka. Nama keluarganya adalah Chow tetapi karena terjadi salah ketik pada akte lahirnya menjadi Choo. Jimmy Choo membuat sepatu pertamanya ketika ia berusia 11 tahun. Dia adalah mahasiswa yang paling dikenal dari Cordwainers Technical College di Hackney, Inggris. (Perguruan ini sekarang menjadi bagian dari London College of Fashion di Universitas Arts London.) Choo mengungkapkan bahwa ia bekerja paruh waktu di restoran dan sebagai petugas kebersihan di sebuah pabrik sepatu untuk membantu membiayai pendidikan kuliahnya.
Jimmy Choo memulai awal karirnya di sebuah bengkel kecil di Hackney, utara London. Bengkel yang buka pada tahun 1986 merupakan sebuah bangunan rumah sakit tua yang ia sewa. Keterampilan dan keindahan desainnya segera menarik perhatian sejak hasil kreasinya ditampilkan sebanyak delapan halaman dalam edisi 1988 dari majalah Vogue. Dukungan dari Putri Diana, Princess of Wales, pada tahun 1990 meningkatkan citra Choo ke taraf yang lebih tinggi lagi.
Pada tahun 1996, ia mendirikan Jimmy Choo Ltd dengan editor aksesoris majalah Vogue British, Tamara Mellon.
Pada April 2001, Choo menjual 50% sahamnya di perusahaan untuk £ 10 juta. Sejak itu, ia berkonsentrasi terhadap karya ekskusif Jimmy Choo. Jimmy Choo Ltd juga berekspansi ke bagian aksesoris, meliputi tas tangan.
Choo tinggal di London dan saat ini terlibat dalam sebuah proyek untuk mendirikan institut pembuatan sepatu di Malaysia, dimana status ikonik Jimmy Choo sering dipakai untuk membangkitkan untuk inspirasi pembuat sepatu pemula dan desainer fashion Malaysia.

No comments:

Post a Comment